Search
Close this search box.

Tips Menurunkan Berat Badan di Rumah Menyenangkan

Banyak orang mendambakan tubuh ideal dan sehat. Terkadang, kita merasa sulit untuk menurunkan berat badan tanpa harus keluar rumah. Jangan khawatir, di artikel ini aku akan membagikan beberapa tips menurunkan berat badan di rumah yang menyenangkan.

Dengan menerapkan tips dan beberapa tools pendamping ini, kamu bisa mencapai tujuan tanpa harus sering aktivitas di luar rumah. Menarik bukan? Yuk simak sampai tuntas!

Beberapa Tips Menurunkan Berat Badan di Rumah yang Menyenangkan

Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengontrol kelebihan berat badan. Di artikel ini, aku akan membahas hal mudah dan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan effort berlebih.

Awali dengan Olahraga Ringan di Rumah

Tips menurunkan berat badan di rumah yang pertama yaitu mengawalinya dengan olahraga ringan yang kamu sukai. Poin terpenting dalam tips ini adalah konsistensi. Bukan dari beratnya workout yang kamu lakukan.

Kamu dapat memilih olahraga seperti yoga, senam, dance, bersepeda di depan rumah, dan sebagainya. Dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin.

Pilih Makanan Sehat yang Rendah Lemak dan Gula

Untuk menekan kenaikan berat badan berlebih, penting untuk mengatur pola makanan sehat. Hindari makanan yang memiliki banyak kandungan gula dan lemak (lemak trans). Selain membuat gemuk, ke dua kandungan tersebut juga tidak baik jika kita konsumsi berlebihan.

Penting bagi kamu untuk mulai memilih makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Kamu dapat mencari resep makanan sehat di internet kemudian mencoba memasaknya sendiri. Membuat makanan sendiri di rumah memberikan pilihan atas bahan makanan yang aman dan sehat.

Cukup Minum Air untuk Mengontrol Nafsu Makan

Cukup minum air mungkin terbilang sepele, namun ini adalah tips menurunkan berat badan di rumah yang cukup sulit dilakukan secara konsisten jika belum terbiasa.

Pastikan untuk minum air yang cukup setiap hari. Minum air yang cukup dapat membantumu untuk menekan nafsu makan. Hal ini karena air dapat membantumu merasa lebih kenyang lebih lama. Minum air yang cukup juga baik untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Hindari Sering Makan Camilan yang Tinggi Gula

Makanan ringan bisa menjadi salah satu penyebab berat badan terus naik, lho. Meski dikonsumsi dengan porsi sedikit, kalori yang didapat bisa saja lebih besar dibanding makanan berat jika terlalu sering dikonsumsi. Cemilan biasanya juga tidak mudah membuat kenyang, hal ini membuat kita tidak sadar sudah mengonsumsi banyak cemilan.

Beberapa cemilan manis juga terkadang memiliki kandungan gula yang tinggi. Gula dapat membuat berat badan naik karena makanan yang mengandung gula tinggi biasanya juga memiliki kalori yang tinggi. Jika kalori ini tidak terpakai, kalori akan tersimpan di tubuh dalam bentuk lemak.

Tetap Aktif Sepanjang Hari dengan Kegiatan Fisik

Tips menurunkan berat badan di rumah selanjutnya yaitu tetap aktif dengan kegiatan fisik. Kegiatan fisik tidak harus dengan olahraga secara intensif. Kamu dapat melakukan kegiatan sehari-hari yang dapat menguras kalori seperti berkebun, memasak, membersihkan rumah, dan sebagainya.

Dengan melakukan kegiatan fisik setiap hari, secara tidak langsung kita dapat menurunkan berat badan tanpa harus bersusah payah.

Tambahan Tips Menurunkan Berat Badan di Rumah: Ukur dan Ketahui Hasilnya

Nah setelah menerapkan beberapa tips di atas, ada beberapa tips tambahan nih. Yaitu jangan lupa untuk selalu memantau dan mengukur hasilnya. Kamu bisa menggunakan beberapa tools menarik di bawah ini untuk mengukur berat badan yang berkurang dan berapa kalori yang sudah terbakar.

Pantau Berat Badan Menggunakan Weight Loss Calculator

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba yaitu Weight Loss Calculator. Aplikasi ini sangat berguna untuk menghitung berapa jumlah kalori yang kita butuhkan agar mencapai berat badan tertentu. Kita juga dapat mengetahui apakah saat ini berat badan sudah ideal dengan menghitung tinggi, usia, dan berat badan.

tips menurunkan berat badan di rumah dengan kalkulator berat

Selain itu, kalkulator berat badan ini memiliki banyak fitur seperti informasi nutrisi, rekomendasi kalori, hingga perkiraan lama diet. Menariknya, kamu juga bisa membaca beberapa tips menarik tentang diet yang tersedia di bagian bawah halaman.

Hitung Kalori dengan Workout Calories Burned

Aplikasi selanjutnya yaitu Workout Calories Burned. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperkirakan jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan workout tertentu. Terdapat beragam simulasi workout yang dapat dipilih seperti jalan santai, bersepeda, berenang, yoga dan sebagainya.

tips menurunkan berat badan di rumah dengan kalkulator kalori

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memperkirakan kalori yang terbakar selama workout dan memilih jenis aktivitas yang tepat.

Kesimpulan: Tips Menurunkan Berat Badan di Rumah Menyenangkan

Nah, bagaimana tips menurunkan berat badan di rumah tadi, cukup mudah bukan? Menurunkan berat badan dapat diawali dengan hal-hal yang sederhana di atas. Kombinasi aktivitas fisik, pola makanan sehat, dan memantau berat badan secara teratur dapat memudahkan kita dalam menurunkan berat badan. Selamat mencoba!

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments