Tips Terhindar Batu Empedu

oleh Aji Ervanto
Tips Terhindar Batu Empedu

Kesehatan bagiku sangat penting, maka dari itu aku selalu mengedepankan pencegahan daripada mengobati. Mulai menjaga jenis makanan yang dikonsumsi, mencari fakta tentang makanan dan kandungan gizinya, tanya-jawab dengan dokter ahli dan lain-lain sehingga tidak keliru atau salah memahami. Seperti yang sempat viral kemarin tentang boba yang menyumbat usus ternyata setelah dicek ternyata batu empedu. Kan nggak lucu ya? Nah maka dari itu, kali ini aku akan membahas tips terhindar batu empedu nih. Yuk simak!

Pengertian Batu Empedu

Sebelum membahas tips terhindar batu empedu, ada baiknya kita tahu dulu apa itu batu empedu. Batu empedu adalah cairan empedu yang mengeras di dalam kantung empedu. Cairan empedu ini mulanya berperan dalam pencernaan lemak. Sedangkan ukuran batu empedu ini bisa bermacam-macam, mulai dari butiran pasir hingga sebesar bola pimpong loh. Jumlahnya pun bervariasi. Lantas apa sih penyebab batu empedu ini? Simak tulisan di bawah ini ya.

Ketahui Faktor Penyebab dan Gejala Supaya Terhindar dari Batu Empedu

Batu empedu biasanya terjadi karena adanya kolesterol yang mengeras kemudian tertimbun dalam cairan empedu. Hal tersebut disebabkan adanya Ketidakseimbangan antara senyawa kimia dan kolesterol dalam cairan tersebut.

Adapun faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena batu empedu antara lain:

  • Faktor usia. Semakin meningkatnya usia seseorang, resiko terkena batu empedu juga meningkat. Biasanya batu empedu dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.
  • Wanita memiliki risiko dua kali lebih besar terkena batu empedu.
  • Wanita yang pernah melahirkan memiliki risiko yang lebih tinggi dikarenakan peningkatan kadar kolesterol.
  • Orang gemuk atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi.
  • Pemakaian pil kontrasepsi hormonal juga meningkatkan risiko terbentuknya batu empedu pada wanita.

Nah selain mengetahui faktor risikonya, di dalam tulisan tips terhindar batu empedu ini aku juga akan membahas beberapa gejalanya biar kita bisa mencegahnya lebih dini. Sebenarnya batu empedu tidak akan menimbulkan rasa sakit, tapi ketika batu empedu menyumbat saluran empedu atau saluran pencernaan maka akan menimbulkan rasa sakit tiba-tiba di bagian tengah perut atau kanan perut. Nah berikut gejala-gejala jika terjadi penyumbatan:

  • Sakit perut beberapa saat setelah mengkonsumsi makanan tinggi lemak.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Timbul demam jika terjadi infeksi saluran empedu.
  • Mual dan mutah.
  • Hilang nafsu makan.
  • Gatal-gatal pada kulit.

Sudah tahu kan gejala batu empedu dan faktor risiko yang meningkatkan penyakit tersebut? Nah agar tetap sehat, ada baiknya kita mencegahnya daripada mengobati. Caranya cukup mudah kok. Berikut tips terhindar batu empedu dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Supaya Terhindar dari Batu Empedu

Batu empedu memiliki beberapa jenis makanan yang perlu dihindari dan ada beberapa makanan yang juga berkhasiat untuk mengatasinya. Apakah itu? Yang jelas bukan boba yang sempat viral itu ya. Hihihi.

5 Makanan yang Harus Dihindari

Salah satu tips terhindar batu empedu yaitu menghindari makanan-makanan yang beresiko seperti berikut:

  1. Telur. Nah salah satu makanan yang sering banget dikonsumsi ini harus dihindari oleh orang yang mengidap batu empedu. Pasalnya telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi yang akan memicu serangan kantong empedu.
  2. Makanan dengan lemak tinggi. Daging berlemak tinggi seperti daging merah adalah makanan yang perlu dihindari karena dapat memperparah penyakit batu empedu. Nah untuk alternatifnya bisa menggunakan daging tanpa lemak.
  3. Makanan Olahan. Makanan olahan seperti sosis dan sejenisnya menurut University of Maryland Medical Center mengandung banyak asam lemak trans yang cukup tinggi sehingga harus dihindari oleh pengidap penyakit ini.
  4. Makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Hal ini dapat memperparah kondisi batu empedu. Jika ingin mengkonsumsi makanan yang digoreng, bisa pakai alternatif lain yaitu menggunakan minyak zaitun.
  5. Produk susu tinggi lemak. Produk susu seperti yoghurt, keju dan es krim ternyata juga harus dihindari loh. Susu memiliki kadar lemak tinggi yang cukup beresiko bagi pengidap batu empedu.

4 Makanan Sehat untuk Mencegah Batu Empedu

Nah selain makanan yang harus dihindari, di tulisan Tips Terhindar Batu Empedu ini, aku juga memberikan beberapa makanan sehat untuk mencegah batu empedu nih:

Tips Terhindar Batu Empedu
4 Makanan Sehat untuk Mencegah Batu Empedu
  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan. Nah kedua makanan tersebut baik untuk mencegah batu empedu karena rendah lemak. Biji-bijian dan kacang-kacangan juga sehat dikonsumsi karena mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan serat.
  2. Sayur dan buah. Beberapa buah yang baik bagi pengidap batu empedu yaitu buah yang mengandung banyak kandungan vitamin C, kalsium, atau vitamin B, seperti buah jeruk, jamur, stroberi, atau pepaya.
  3. Susu rendah lemak.
  4. Daging rendah lemak. Salah satu daging rendah lemak yaitu daging ayam tanpa kulit atau daging sapi yang sudah disisihkan lemaknya.

Pengobatan

Nah, pengobatan ini adalah solusi terakhir jika seseorang sudah mengidap batu empedu yang mengganggu atau komplikasi, maka wajib untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum terlambat. Teman-teman bisa langsung mengunjungi Rumah Sakit terdekat atau jika khawatir mengunjungi Rumah Sakit karena masa pandemi ini bisa mencoba konsultasi online dengan dokter Halodoc.

Konsultasikan ke Halodoc

Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan digital yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Kita bisa melakukan konsultasi online dengan dokter yang sudah berpengalaman di aplikasi ini. Ada dokter umum dan juga tersedia berbagai dokter spesialis kok, selain bisa konsultasi dengan dokter via online, kita juga bisa memesan obat sesuai dengan resep dokter tanpa harus keluar rumah dan antre.

Semoga di tengah pandemi ini kita semua sehat selalu ya, jaga kesehatan dengan atur pola makan dan juga rutin berolahraga supaya meminimalisir risiko mengidap batu empedu. Semoga juga informasi ini bermanfaat buat teman-teman, salam sehat selalu. 🙂

Mungkin kamu suka