Langkah Mudah Mencegah Penyebaran Covid-19

oleh Aji Ervanto
langkah mudah mencegah penyebaran covid 19

Memasuki bulan Ramadan di tengah pandemi seperti ini terasa ada yang hilang. Jika Ramadan tahun lalu kita masih dapat menikmati pasar Ramadan yang menawarkan berbagai menu takjil, namun sekarang kita hanya bisa mengingatnya, karena saat ini kita sedang melawan musuh kasat mata. Covid-19 merupakan akronim dari Corona Virus Disease 2019 yang disebabkan oleh virus corona, SARS CoV-2. Seperti yang kita ketahui, Covid-19 sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia. Data terbaru per tanggal 26 April 2020 pukul 10.10 WIB Indonesia tercatat ada 8.607 orang terkonfirmasi positive, 1042 dinyatakan sembuh, dan 720 meninggal dunia. Tidak heran jika saat ini pemerintah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di kota-kota besar yang sudah masuk ke dalam zona merah demi memaksimalkan pencegahan penyebaran covid-19.

Sebetulnya, di tempat tinggalku belum masuk kawasan zona merah. Namun, upaya pencegahan Covid-19 ini terus digencarkan. Seperti penyemprotan disinfektan di tempat umum, imbauan untuk tetap di rumah saja, menggunakan masker ketika terpaksa keluar rumah, hingga pembatasan operasional beberapa minimarket di sekitar rumahku. Beberapa pekan laku, aku sempat merasakan dampak dari Covid-19 ini, saat pukul 20.00 WIB aku menuju minimarket terdekat ternyata minimarket tersebut sudah tutup, padahal biasanya minimarket yang kutuju ini selalu buka 24 jam.

Langkah Mudah Mencegah Penyebaran Covid-19

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membantu pemerintah serta tenaga kesehatan dalam memutus rantai Covid-19. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari Covid-19 menurut laman Covid-19.go.id

Beberapa Langkah Mudah Mencegah Penyebaran Covid-19
Beberapa Langkah Mudah Mencegah Penyebaran Covid-19

Sering Cuci Tangan

Yakni cuci tangan dengan sabun secara berkala. Sudah menjadi rahasia umum, jika Covid-19 ini menyebar melalui permukaan benda-benda di sekitar kita. Namun, sebenarnya untuk membunuh Covid-19 caranya cukup mudah karena dengan mencuci tangan menggunakan sabun, virus ini akan mati. Asal mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar.

Gunakan Siku Ketika Batuk Bersin

Kebanyakan orang menutup mulutnya ketika batuk menggunakan telapak tangan, namun sebenarnya hal demikian kurang tepat. Cara yang tepat menutup mulut saat batuk adalah menggunakan siku.

Jangan Sentuh Wajah

Langkah mudah mencegah penyebaran covid-19 selanjutnya adalah jangan sentuh area wajah termasuk mata, hidung, dan mulut demi menjaga tubuh kita terhindar dari Covid-19, karena virus ini menyerang bagian pernapasan (tenggorokan dan paru-paru).

Menjaga Jarak

Jaga jarak aman sekitar 1,5 meter hingga 2 meter untuk menghindari penyebaran Covid-19. Hindari juga perkumpulan yang mendatangkan masa dalam jumlah yang banyak.

Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Stay at Home

Jika teman-teman terpaksa keluar rumah karena hal-hal yang tidak dapat tinggalkan, teman-teman bisa selalu melindungi diri dengan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun secara berkala. Namun, usahakan teman-teman menahan diri untuk tetap #DiRumahAja pada situasi seperti sekarang ini.

Selain 5 cara di atas, kita juga harus menjaga polah hidup sehat supaya daya tahan tubuh kita tidak menurun. Usahakan tetap tenang dan jangan panik, namun kita juga harus tetap waspada dan berhati-hati dengan melakukan cara-cara di atas. Jika di lingkungan kita terdapat ODP (Orang Dalam Pemantauan), atau PDP (Pasien Dalam Perawatan), atau bahkan Positive Covid-19 sebaiknya sikap kita tidak mengucilkannya. Ketika muncul rasa takut atau was-was mungkin sangat wajar, tetapi kita juga harus tenang jangan sampai termakan berita hoax.

Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Deteksi Dini via Halodoc

Kita juga bisa mendapatkan informasi seputar test virus corona melalui aplikasi Halodoc yang bisa teman-teman unduh di Playstore. Selain menyediakan berbagai informasi seputar kesehatan, kita juga dapat melakukan skrining awal untuk mendeteksi Covid-19 yang akan dibantu oleh dokter Halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan kita dalam menangani masalah kesehatan. Di aplikasi Halodoc kita bisa berbicara dengan dokter, membeli obat tanpa keluar rumah, serta membuat janji kunjungan Rumah Sakit. Banyak pilihan dokter yang tersedia di Halodoc, mulai dari dokter khusus untuk skrining awal mengenai Covid-19, dokter umum, hingga dokter spesialis dari berbagi ilmu kesehatan. Dengan aplikasi Halodoc kita bisa terbantu untuk mendeteksi penyakit yang menyerang tubuh kita.

Test Online Covid-19 halodoc
Test Online Covid-19 halodoc

Nah selain itu, Halodoc juga menyediakan tes online untuk membantu skrining awal dalam mendeteksi COVID-19 di masyarakat. Tes ini sangat mudah dan simpel, hanya menjawab beberapa pertanyaan yang telah diesediakan. Di akhir test, akan muncul hasil mengenai kategori risiko COVID-19, berdasarkan jawaban yang dipilih. Bisa kalian kunjungi di sini.

Nah gimana teman-teman beberapa info dan tips dariku tentang langkah mudah mencegah penyebaran covid-19? Mudah dan simpel bukan? Yuk jaga kesehatan dan tetap waspada ya.

Mungkin kamu suka