Search
Close this search box.

Rekomendasi Platform Online Gratis untuk Mengisi Waktu Luang di Rumah

Di masa pandemi ini, banyak aktivitas yang terkendala dan tertunda. Mulai dari aktivitas kerja, sekolah, maupun aktivitas luar ruangan lainnya. Sudah hampir 2 tahun ini pandemi merenggut kebebasan kita dalam beraktivitas secara “normal”. Kita pun akhirnya harus hidup dengan gaya baru yang bernama “New Normal”. Kebanyakan orang mungkin sudah bosan di rumah saja selama berbulan-bulan. Mereka kehilangan kreativitas dan aktivitas selama di rumah saja. Namun masih ada cara untuk mengisi aktivitas dan mengasah kreativitas selama di rumah lho. Berikut ini aku beri beberapa rekomendasi platform online untuk mengisi waktu luang di rumah.

5 Rekomendasi Platform Online untuk Kreativitas, Edukasi dan Hiburan

Di era modern ini, banyak platform atau aplikasi untuk menunjang segala kebutuhan. Mulai dari aplikasi hiburan, edukasi maupun penunjang kerja. Beberapa orang mungkin enggan menggunakan aplikasi tertentu karena memiliki ukuran besar atau tidak kompatibel dengan device yang mereka miliki. Nah, pada tulisan kali ini aku akan membagikan beberapa rekomendasi platform berbasis online yang bisa kalian jalankan tanpa install loh.

Serunya Buat Ilustrasi dan Desain di Figma

Siapa yang suka desain dan buat ilustrasi? Kalau kalian suka, sama dengan aku nih. Biasanya sih aku mendesain dan buat ilustrasi di PC dengan aplikasi yang agak berat dan tidak instan. Nah untungnya kemarin aku nemu nih rekomendasi platform online untuk desain ilustrasi vector yang rekomended banget. Yaitu Figma.

Rekomendasi Platform Online Desain Grafis Figma
Tampilan Aplikasi Figma

Aplikasi Figma berbasis cloud. Jadi tidak perlu install dan tentunya ringan banget. Support untuk segala macam device dan sistem operasi. File disimpan secara otomatis di internet. Figma mempunyai banyak fitur seperti aplikasi desain vector pada umumnya. Yang menjadi nilai tambah di aplikasi ini yaitu adanya fitur Prototype. Yaitu fitur untuk desain UI/UX aplikasi dengan demo.

Nah gimana rekomended banget kan buat alternatif aplikasi desain vector? Apalagi aplikasi ini cukup ringan (cloud based) dan ada fitur plugin yang memungkinkan penambahan fitur di aplikasi.

Bekreasi Edit Foto dengan Photopea

Rekomendasi platform online berikutnya adalah aplikasi edit foto Photopea. Saat pertama mencoba aplikasi ini, aku terkejut ketika melihat user interfacenya begitu mirip dengan salah satu aplikasi edit foto berbayar yang sangat populer. Beberapa fitur dan fungsinya pun begitu mirip. Yang menjadi pembedanya yaitu Photopea ini gratis dan berbasis online. Ya betul, aplikasi ini sepenuhnya online dan dapat diakses siapapun tanpa perlu mendaftar. Bagus sekali bukan?

User Interface Photopea

Oh iya fyi, aplikasi Photopea dapat membuka beberapa ekstensi file .psd, .ai, .sketch, .pdf, dan ekstensi gambar lain yang kompatibel lho. Hebat ya? Menurutku, sebagai aplikasi edit foto dengan berbagai fitur tadi rekomended banget sih. Apalagi Photopea ini gratis dan berbasis cloud.

Gimana mau coba aplikasi ini untuk salah satu pengisi waktu kalian di rumah? Mungkin edit foto-foto traveling saat sebelum pandemi, pasti menyenangkan bukan?

Tetap Produktif dengan Google Docs

Nah, bagi yang sering berurusan dengan dokumen dan perkantoran, ada rekomendasi platform online yang cocok buatmu nih. Yaitu Google Docs. Yang merupakan aplikasi pengolah kata online gratis lho.

Google Docs

Aplikasi ini dikembangkan oleh Google. Kalian tentu sudah familiar bukan? Dari segi fitur, menurutku Google Docs terbilang lengkap. Bahkan bisa ditambahkan beberapa Ads On yang dapat memperkaya fungsi dan fitur.

Oh iya, platform online ini juga memiliki beberapa macam aplikasi office lain lho. Seperti Google Spredsheet (pengolah angka), Google Slide (presentasi), dan Google Form (formulir). Lengkap juga kan? Sebagai aplikasi rekomendasi platform online, bagiku Google Docs oke banget. Tak perlu install dan fleksibel. Semua dokumen otomatis tersimpan dan terintegrasi ke penyimpanan cloud Google Drive.

Rekomendasi Platform Online Edit Video dengan InVideo

Setelah beberapa platform online edit foto dan dokumen, tidak lengkap kalau belum ngelist aplikasi edit video bukan? Nah rekomendasi platform online berikutnya adalah InVideo.

InVideo merupakan All in One Online video editor yang memiliki segudang fitur. Kalian bisa membuat video dengan berbagai pilihan template gratis maupun membuat video dari awal. Ada ribuan template gratis yang bisa dipakai lho. Pilihan kategori templatenya pun beragam. Mulai dari template iklan, intro video, template story instagram dan lainnya.

User Interface InVideo

Sedangkan video editornya sendiri memiliki user interface yang terbilang cakep dan user friendly. Ada banyak fitur mulai dari yang basic seperti penambahan video, text, image, music hingga yang kompleks seperti layer, masking, animate dan lain sebagainya. Tertarik untuk mencoba? Cocok banget nih buat kamu yang memiliki device low spec.

Bermain Online Game dan Mengasah Skill di Plays.org

Setelah mencoba berbagai rekomendasi platform online penunjang kreativitas dan edukasi, sekarang kalian bisa coba nih salah satu platform hiburan untuk mengisi luang kalian di rumah. Yaitu Plays.org

Rekomendasi platform online game
Halaman Beranda Play.org

Plays.org merupakan platform online yang menyediakan ratusan game online gratis. Kalian bisa main hanya bermodal internet dan browser saja lho (Google Chrome, Firefox, dan lainnya). Tidak perlu install, ringan dan tentunya menyenangkan. Kalian tak perlu khawatir jika game tidak kompatibel dengan browser kalian karena semua game yang ada di website Plays.org ini berbasis HTML5. Bukan berjenis flash seperti game-game jadul terdahulu yang tentunya sudah tidak disupport oleh kebanyakan browser terkini.

Beberapa kategori game di Plays.org

Terdapat banyak jenis dan ketegori game yang bisa kalian mainkan. Mulai dari game arcade, shooter, education, sport, hingga game retro lho. Cocok lah untuk mengisi luang. Jika bosan, tinggal pilih ratusan game lain tanpa repot pasang dan copot aplikasinya. Oh iya jika kalian ingin melihat katalog lengkap dari daftar game yang tersedia, kalian bisa langsung lihat bagian footer webiste. Tinggal pilih deh jenis game yang kalian inginkan.

Rekomendasi platform online
Game Catalog di Plays.org

Kemarin sih aku sempet nyoba salah satu game yang menurutku asyik banget. Yaitu Cart Blaster. Game ini merupakan game bergenre First Person Shooter (FPS) yang bertemakan Disney. Memang sih dari kecil aku seneng banget game tembak-tembakan seperti ini. Entah apa itu gamenya.

Cart Blaster: Disney Target Shooting
Gameplay Cart Blaster

Oh iya gameplay dari Cart Blaster ini, Kalian akan masuk ke sebuah rumah mengendarai kereta dorong untuk menembak beberapa target di lorong. Secara berkala kalian akan masuk ke sebuah jendela kanan atau kiri untuk memainkan mini game tambahan menembak beberapa target.

Memilih Karakter

Satu hal yang bikin menarik dari game Cart Blaster, kalian bisa memilih jenis kereta dorong sesuai dengan tokoh di Disney. Misal Kalian memilih tokoh Mickey Mouse, makan kereta dorong akan diganti dengan mobilnya Mikey. Begitu pula dengan amunisinya. Menyenangkan bukan?

Nah itu lah beberapa rekomendasi platform online yang bisa Kalian coba untuk mengisi waktu luang selama di rumah saja selama pandemi. Jika Kalian punya rekomendasi lain tentang platform menarik lainnya, bisa beritahu aku ya.

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments