Search
Close this search box.

Fakta Tentang Swab Test yang Perlu Diketahui

Ada beberapa cara untuk mendeteksi virus COVID-19 salah satunya dengan melakukan pengetesan seperti  tes cepat molekuler (TCM), rapid test dan polymerase chain reaction (PCR) atau swab test. Dari semua pilihan tersebut Swab test paling populer karena hasilnya cukup akurat, terjangkau dan mudah. Tapi, tahukah kamu apakah yang disebut dengan test swab? Apa saja fakta tentang swab test? Yuk, simak penjelasan singkatnya.  

Fakta Tentang Swab Test untuk Deteksi COVID-19

Virus Corona terbilang masih baru dan ada beberapa test untuk dapat mendeteksinya. Kamu tentu sering mendengar Swab test sebagai salah satu test yang kerap digunakan untuk mendeteksi virus Corona tersebut kan? Nah, berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai jenis test ini.

1. Terbilang Baru di Indonesia

Indonesia mendapatkan banyak bantuan dari negara tetangga atau WHO (World Health Organization) untuk dapat melakukan Swab test. Jenis test ini baru di Indonesia saat virus Corona meluas. Faktanya Swab test sudah banyak dipakai untuk mendeteksi virus lain di berbagai negara.

2. Alat Swab

Fakta lain mengenai Swab test adalah alat Swab yang memiliki tungkai panjang dengan ujung seperti cotton bud. Cara pengambilannya dilakukan dengan menyapu lendir pada belakang tenggorokan atau hidung.  Metode ini efektif karena mengambil sampel akurat dengan meneliti protein virus. Namun cara pengambilannya mungkin tidak nyaman bagi kebanyakan orang.

3. Akurat

Hasil Swab test menganalisa protein virus yang tingkat deteksinya cukup tinggi. Oleh karena itu disinyalir bahwa test ini paling akurat untuk mendeteksi virus Covid-19 dibandingkan test lainnya. Sampel yang diperoleh akan diperiksa memakai protein virus yang hasilnya cukup akurat. 

4. Prosesnya Cepat 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil sampel untuk test ini sangat cepat. Pasien hanya perlu santai dan kooperatif saat diambil sampel. Pengambilan hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja.

Fakta tentang swab test
stay safe

Demikian beberapa fakta seputar swab test. Mengenal test jenis ini dan prosedurnya  penting untuk dapat menghadapi virus Corona yang saat ini sedang mewabah. Bila mengalami gejala Corona, test ini menjadi salah satu pilihan untuk memastikan seseorang kena virus Corona atau tidak.  Datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk informasi lebih lanjut. Pokoknya tetap jaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan tetap di rumah saja.

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments