Tips Memilih Domain untuk Blog

oleh Aji Ervanto
Tips-memilih-domain-untuk-blog

Tak terasa sudah sekitar 10 tahun ini aku menekuni blog. Banyak hal yang aku pelajari dari dunia blog. Seperti nama domain, hosting, template dan hal lain. Saat pertama kali memulai blog, aku belum begitu tahu pentingnya sebuah domain. Pakai subdomain gratisan dari penyedia layanan blog saja sudah senang sekali. Namun lambut laun aku pun mulai paham pentingnya domain untuk menunjang kesuksesan sebuah blog. Di tulisan kali ini aku akan membagikan beberapa tips memilih domain untuk blog yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian yang akan memulai ngeblog.

Mengapa Domain Penting?

Domain adalah salah satu hal penting dalam internet. Khususnya website dan blog. Karena domain dapat memudahkan orang untuk mengunjungi website atau blog kita dengan hanya mengetikkan URL di browser alih-alih menggunakan alamat IP website yang susah untuk dihafal. Domain di sini berfungsi layaknya sebagai alamat rumah. Ketika seseorang ingin mengunjungi sebuah website, mereka tinggal mengetikkan domainnya saja.

Selain itu, domain juga bisa membantu branding sebuah website dan blog. Website dan blog yang menggunakan domain Top Level Domain (TLD) seperti .com, .net, dan lain-lain akan memiliki tingkat kredibilitas yang lebih dibanding web atau blog yang menggunakan domain gratisan dari penyedia layanan blog atau web. Maka dari itu, perlu adanya tips memilih domain yang bisa memudahkan seseorang yang memulai blog untuk memilih domain yang tepat agar sesuai apa yang ditargetkan.

Beberapa Tips Memilih Domain untuk Blog

Gunakan Ekstensi Domain yang Familiar

Sekarang ini banyak pilihan ekstensi domain di luar sana sesuai kebutuhan. Misalnya ekstensi domain yang baru .photography untuk fotografi, .design untuk web design dan lain sebagainya. Namun domain tersebut umumnya kurang familiar dan susah diingat. Kebanyakan orang pasti akan mengira sebuah website atau domain selalu menggunakan ekstensi .com alih-alih menggunakan ekstensi domain terbaru seperti contoh di atas.

Seseorang bisa saja mengetikkan ervanto.design.com di URL mereka. Sedangkan domain yang ingin dituju sebenarnya adalah ervanto.design saja karena kebanyakan dari mereka hanya familiar dengan domain seperti .com, .net, .org, .id dan lain sebagainya.

Domain yang Unik dan Brandable

Selalu gunakan kata kunci branding di sebuah domain. Misalnya untuk blog kuliner, biasakan gunakan kata kunci yang berkaitan dengan kuliner untuk memudahkan branding dan mudah diingat oleh pengunjung.

Selain brandable, hal penting dalam tips memilih domain yang lain adalah keunikan. Jangan pernah menggunakan brand lain untuk blog kita. Misal kita membuat domain baru facebook.net sebagai tiruan facebook.com official yang asli. Ketika kita menggunakan merk brand lain, bisa jadi pengguna bingung mencari blog yang benar dan salah masuk ke blog lain karena kemiripan domain.

Usahakan Pendek dan Mudah Diingat

Tips memilih domain yang selanjutnya yaitu usahakan membuat domain yang pendek. Domain pendek akan mudah diingat, terlihat simpel dan mengurangi risiko pengguna salah dalam mengetikkan alamat domain. Usahakan jumlah huruf dalam domain tidak lebih dari 15 huruf.

Agar lebih mudah diingat, jangan menggunakan angka dalam domain. Hal tersebut akan menyulitkan pengguna untuk mengingat angka berapa yang ada di domain. Jika tidak terpaksa menggunakan sebuah angka, lebih baik menghindarinya.

Lakukan Research Sebelum Beli Domain

Sebelum menentukan nama domain dan branding sebuah blog, alangkah baiknya kita melakukan research untuk mencari apakah domain dan merk tersebut sudah didaftarkan untuk sebuah domain belum.

Dengan melakukan research, kita juga bisa tahu merk yang mirip atau bahkan sudah ada. Kita juga bisa mengetahui ketersediaan akun pengguna sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya untuk menanggulangi kesamaan nama atau merk.

Kesamaan nama atau merk selain bisa membingungkan pengguna dan pengunjung, juga bisa mengarah ke hak cipta yang bisa memperburuk branding.

Pilih Domain Registrar Terpercaya

Tips memilih domain untuk blog selanjutnya yaitu memilih domain regitrar yang terpercaya. Sekarang ini telah tersedia banyak penyedia layanan pendaftaran domain di internet. Sangat penting untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya karena akan sangat sulit kedepannya jika terdapat kendala. Bisa-bisa domain terbengkalai karena penyedia tidak responsif atau tidak profesional.

Sebagai web developer dan blogger, tentu aku tak asal memilih penyedia jasa layanan hosting dan domain. Selama ini aku selalu survei di berbagai website untuk memilih penyedia yang terpercaya dan murah. Aku pakai jasa Niagahoster sudah lebih dari 5 tahun. Dari 5 tahun itu semakin banyak pula web dan blog aku daftarkan di Niagahoster.

Kenapa Niagahoster? Bagiku selain sering memberikan promo domain com, Niagahoster juga membuka program Niagahoster Partner yang sangat menguntungkan bagi para developer seperti aku ini.

Tips Memilih Domain untuk Blog
Niagahoster

Sebagai web developer pemula, aku juga sering dibantu oleh Teknisi Niagahoster dalam memecahkan masalah web atau blog. Hal ini yang menjadikan aku betah dan sangat merekomendasikan Niagahoster bagi pemula sekalipun. Price per performance nya pun telah diakui oleh banyak web developer dan blogger senior. Nah gimana udah siap ngeblog pakai Niagahoster?

Mungkin kamu suka