Alternatif Cara Galang Dana Secara Online

oleh Aji Ervanto

Penggalangan dana untuk kegiatan sosial yang kamu lakukan bersama tim memang membutuhkan ide agar mendatangkan banyak donatur dan target terpenuhi. Saat ini pun, banyak platform donasi digital yang memudahkan para penggalang dana untuk mengumpulkan donasi, dengan begitu mereka bisa lebih cepat membantu orang-orang yang membutuhkan.

Banyak alternatif cara galang dana secara online yang bisa kamu coba, mulai dari jualan online, bikin event online, hingga lelang online. Selain itu, kecanggihan teknologi yang semakin maju memungkinkan uang digital crypto untuk amal, hal tersebut tentu memudahkan siapa saja yang ingin berdonasi.

Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan alternatif untuk mengumpulkan donasi agar cepat memenuhi target:

Cara Alternatif untuk Mengumpulkan Galangan Donasi

1. Jual Merchandise

Alternatif cara yang direkomendasikan pertama adalah menjual merchandise agar donatur tertarik untuk berdonasi di acaramu. Ada banyak barang-barang yang bisa kamu jadikan merchandise, seperti kaos, handuk, topi, tote bag, kaos kaki, dan lainnya.

Karena tujuan galang dana yang kamu lakukan untuk amal, kamu bisa beri desain yang menarik dan sesuai dengan acara atau kebutuhan yang ingin kamu donasikan. Misalnya, ketika kamu galang dana untuk masyarakat terdampak COVID-19, kamu bisa buat kaos dengan tulisan “Lawan COVID-19”.

2. Adakan Webinar

Webinarjuga bisa kamu jadikan ide untuk alternatif galang dana. Banyak acara sosial yang menyematkan webinar sebagai salah satu rangkaian acara mereka dan dipercaya berhasil mengumpulkan donasi dalam jumlah banyak.

Apabila kamu tertarik dengan cara ini, kamu bisa coba untuk membuat tema webinar yang sesuai dengan penggalangan dana yang kamu lakukan. Misalnya, kamu ingin galang dana untuk pembangunan masjid, maka webinar bisa mendatangkan ustaz.

Atau ketika kamu ingin galang dana untuk memberi bantuan masyarakat yang ekonominya terdampak karena pandemi COVID-19, kamu bisa undang pakar di dunia UMKM. Dengan begitu, sembari mengumpulkan uang untuk donasi, kamu pun akan mendapatkan ilmu baru dari para pengisi webinar.

3. Lomba Online

Sejak pandemi COVID-19 menyerang dunia, banyak acara yang biasa dilakukan secara langsung kini berganti secara online, termasuk lomba online. Banyak acara lomba online yang sebenarnya adalah rangkaian dari galang dana. Namun, acara ini bahkan sukses mendatangkan banyak donatur hingga mencapai target.

Kamu bisa adakan lomba online seperti melukis, fotografi, atau menyanyi. Selain lebih hemat budget, galang dana dengan mengadakan lomba online lebih menarik dan praktis. Tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan promosi acara yang masif agar peserta yang kamu dapat cukup banyak.

4. Lelang Barang untuk Tambahan Galang Dana

Di media sosial sendiri sering ditemui orang-orang yang melelang barang mereka dengan tujuan untuk galang dana. Lelang barang di sini adalah kamu menawarkan sebuah barang dan nantinya orang-orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya dengan memberikan harga tertinggi.

Ketika mengunggah di media sosial, kemungkinan acara lelang barang yang kamu lakukan ramai dan mencuri perhatian tidaklah besar jika tidak diikuti dengan jumlah followers media sosial yang banyak. Maka dari itu, kamu membutuhkan platform yang bisa membantumu untuk lelang barang tersebut.

Salah satu platform yang bisa membantumu untuk melelang barang adalah Ayobantu.com. Tidak seperti lelang barang secara langsung yang ada pemandu lelangnya, lelang yang kamu lakukan di Ayobantu akan dilaporkan secara realtime lewat dashboard, sehingga proses menjadi lebih praktis.

Cara galang dana

Tidak hanya Ayobantu, kamu juga dapat memanfaatkan platform lelang barang lainnya yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu Lelang Indonesia. Akan tetapi, Lelang Indonesia tidak hanya menawarkan jasa lelang barang secara online, namun juga offline. Terkait sesi lelang barang offline, Lelang Indonesia menyediakan forum untuk lelang barang offline yang tersebar di seluruh Indonesia dengan penyelenggaraannya akan berada di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

5. Galang Dana dari NFT

Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan uang kian hari semakin tergeser. Beberapa masyarakat bahkan sudah tak lagi memegang uang cash dalam keseharian, mereka lebih suka menggunakan uang digital.

Hingga muncul dunia NFT yang ramai belakangan ini. NFT adalah sebuah aset digital yang menggunakan blockchain, di mana NFT bisa menjual hasil karya seni digital, seperti foto, ilustrasi, game, musik, dan lainnya.

Perlu diketahui jika blockchain adalah metode yang dipakai untuk menyimpan data di bank, di mana kerap dihubungkan dengan kriptografi. Blockchain dirasa lebih aman dan transparan untuk transaksi. Bahkan, blockchain kini bisa digunakan untuk amal.

Seperti yang pernah dilakukan platform donasi digital Ayobantu yang pernah menjadi sarana dalam lelang NFT karya Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid. NFT tersebut merupakan hasil lukisan Yenny Wahid yang menampilkan potret diri CEO Indodax, Oscar Darmawan. Hasil dari penjualan NFT tersebut disalurkan kepada pondok pesantren Qoryatussalam, naungan Wahid Foundation.

Nah, itulah beberapa alternatif metode yang dapat kamu aplikasikan untuk melakukan penggalangan dana secara online. Dengan begini, tentunya kamu sudah tidak perlu khawatir untuk melakukan penggalangan dana untuk donasi secara online. Yuk, mulai ulurkan tangan untuk membantu sesama sekarang juga!

Mungkin kamu suka

Tinggalkan Balasan