Tips Memilih Jaringan Internet Terbaik

Sekarang ini hampir semua aktivitas membutuhkan internet, bukan? Mulai dari pekerjaan, bersosial hingga berbelanja semua terintegrasi dengan internet. Internet mengubah cara hidup kita menjadi lebih mudah dan efisien. Sama halnya denganku, semua aktivitas yang aku jalani setiap hari tidak lepas dari koneksi internet. Ibaratnya, internet sudah menjadi tangan kanan untuk mendukung kegiatanku.

Seiring pertumbuhan teknologi yang pesat, dibutuhkan internet provider yang memiliki koneksi internet cepat. Hal tersebut tentu untuk mengimbangi kebutuhan internet yang kian hari makin meningkat.

Berbicara soal internet provider, beberapa kali aku pernah gonta-ganti provider karena alasan tertentu. Misalnya koneksi yang buruk, kecepatan transfer yang kurang memadai, lokasi yang tidak ter-cover dengan baik, dan masalah lainnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kiat-kiat dan tips memilih provider supaya kita terhindar dari permasalahan jaringan.

5 Tips Memilih Provider Jaringan Terbaik

Nah, kali ini aku akan membagikan kiat dan tips memilih internet provider terbaik berdasarkan pengalamanku selama ini. Harapannya, dengan tulisan ini teman-teman dapat mengetahui dan mendapatkan koneksi internet cepat untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Selain itu, kamu juga tidak akan lagi pusing memilih internet provider terbaik seperti Telkom Group dan IndiHome yang merupakan salah satu penyedia jaringan internet terbaik di Indonesia. Nah, bagaimana makin penasaran apa saja tips dalam memilih internet provider terbaik, kan? Yuk langsung saja kita check this out!

1. Pertimbangkan Lokasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mempertimbangkan ketersediaan penyedia jaringan internet dengan lokasi kamu. Setidaknya, kamu harus mengecek apakah provider yang akan kamu gunakan tersedia di wilayahmu. Pasalnya, tidak semua penyedia internet dapat menjangkau seluruh lokasi di Indonesia.

Supaya kamu tidak salah pilih, lakukan survei terlebih dulu untuk mengetahui provider mana saja yang tersedia dan dapat menyediakan internet cepat sesuai kebutuhan. Aku biasanya melakukan survei melalui website resmi provider dan mencari tahu internet coverage di website tersebut. Kamu juga dapat mengetahui ketersediaan jaringan dengan menghubungi customer service

Dengan mengecek dan mempertimbangkan ketersediaan layanan internet di lokasimu, Kamu tidak akan lagi menemui masalah koneksi akibat jaringan yang lemah atau tidak tersedia.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Nah setelah kamu menentukan internet provider yang cocok dan tersedia di lokasimu, selanjutnya kenali juga paket internet yang ditawarkan. Pastikan kamu memilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya jika kamu adalah seorang content creator yang sering mengunduh dan mengunggah konten ke internet, tidak ada salahnya memilih paket dengan koneksi yang cepat seperti 20 Mbps ke atas. Sedangkan untuk pekerja kantoran atau remote working, internet dengan kecepatan 10 Mbps terhitung masih cukup untuk menunjang pekerjaan. Kalau aku sih biasanya cukup dengan kecepatan sekitar 15 Mbps mengingat pekerjaanku saat ini lebih mementingkan remote working dan sesekali mengunggah berkas atau pekerjaan.

Selain menyesuaikan kecepatan internet dengan kebutuhan, perhatikan juga opsi tambahan (addons) dari setiap paket. Beberapa provider menyediakan opsi layanan tambahan seperti telepon dan IP TV. Jika kamu membutuhkan paket tambahan seperti layanan hiburan premium, kamu bisa mempertimbangkan opsi paket tersebut.

3. Cek Harga

Tips memilih internet provider yang berikutnya adalah jangan lupa untuk cek harga dari paket yang kamu inginkan. Membandingkan harga dari satu provider ke provider lain memang perlu. Hal ini dilakukan untuk memperoleh harga dan kualitas terbaik.

Jaringan internet terbaik tidak selalu yang murah. Pun jaringan internet cepat tidak selalu yang paling mahal. Kamu dapat memperoleh informasi harga dan kualitas jaringan melalui internet. Aku biasanya mencari informasi harga di laman web resminya. Sementara itu untuk mengetahui kualitas jaringan biasanya dengan membaca ulasan di forum atau pun video.

Preferensi harga dan kualitas bagi setiap individu memang berbeda-beda. Aku biasanya lebih mementingkan kualitas internet yang lebih baik dibanding dengan harga yang super murah namun dengan koneksi jaringan yang seadanya. Dengan memilih jaringan berkualitas, akupun dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. Return dari penghasilan pun menjadi lebih tinggi.

4. Pilih Modem yang Sesuai

Setelah melakukan beberapa pertimbangan di atas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah penyesuaian modem yang digunakan. Sesuaikan spesifikasi modem dengan perangkat yang kamu miliki dan banyaknya pengguna yang akan terhubung.

Biasanya internet provider telah menyediakan modem sesuai dengan paket yang telah dipilih. Contohnya seperti Telkom Group dan IndiHome yang sudah melengkapi paket internetnya dengan modem. Namun jika kamu menginginkan modem dengan spesifikasi khusus, tidak ada salahnya untuk upgrade dengan membelinya terpisah. Kamu bisa meminta bantuan pihak customer service untuk menyiapkan pengaturan modem.

5. Baca Referensi Supaya Makin Meyakinkan

Membaca referensi atau ulasan dari pengguna lain sangat wajib kamu lakukan untuk mengetahui bagaimana kelebihan serta kualitas dari jaringan internet yang hendak digunakan. Semakin banyak review bagus yang diberikan, maka provider tersebut bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu.

Nah salah satu contoh penyedia internet cepat andalanku selama ini adalah IndiHome. Telkom Group dan IndiHome memiliki layanan dan kualitas yang mumpuni untuk kamu meski berada di daerah yang terpencil.

IndiHome Sebagai Penyedia Jaringan Internet Terbaik di Indonesia

Sudah sejak tahun 2018 aku mengenal dan menggunakan jaringan internet provider dari Telkom Group. Banyak hal yang telah dilalui bersama dan banyak pencapaian pula yang telah aku dapat dari internet. Hal tersebut tentu tidak dapat diraih jika aku tidak punya akses yang mudah dan cepat ke dunia internet. Lantas apa itu Indihome dan mengapa IndiHome merupakan penyedia jaringan internet terbaik di Indonesia?

Apa itu IndiHome?

IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan akses jaringan internet, telepon rumah dan TV kabel interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan (addons) sesuai kebutuhan pengguna.

Nah, saat ini layanan dari IndiHome ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Telkom Group dengan produk internet rumahnya, IndiHome telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama 57 tahun. Layanan internet rumah ini pun terus berkembang dan berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 67,54% responden dari pengguna fixed broadband di Indonesia telah menggunakan IndiHome. Survei juga menemukan bahwa mayoritas atau 47,95% responden mengaku memilih penyedia layanan internet dengan pertimbangan kualitas koneksi yang bagus di lokasi responden.

Layanan yang Ditawarkan IndiHome

Tahukah kamu kalau IndiHome ini menyediakan tiga layanan (triple play) yang akan memberikanmu banyak keuntungan lho.

  1. Internet Fiber

IndiHome menghadirkan jaringan internet fiber untuk koneksi yang lebih cepat dan stabil. Jaringan fiber ini memiliki beberapa keunggulan antara lain koneksi yang lebih cepat dibanding koneksi dengan kabel koaksial atau tembaga, lebih stabil, andal dan teknologi terbaru.

  1. Telepon Rumah

IndiHome menawarkan layanan telepon rumah dalam paket penjualan 3P dan 2P. Kamu juga akan mendapat 50 menit telepon gratis ketika memilih paket tersebut.

  1. TV Interaktif

Selain menawarkan beberapa layanan di atas, IndiHome memiliki layanan TV Interaktif yang menawarkan suguhan banyak pilihan channel yang berkualitas. Layanan ini juga memiliki fitur menarik yang dapat menambah kenyamanan pengguna antara lain TV Storage, TV on Demand, Playback, Karaoke, dan lainnya.

Nah bagaimana ini teman-teman, setelah kita membaca tips-tips dan penjelasan di atas, apakah kamu sudah menentukan internet provider pilihanmu?

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments