Yuk, Jelajahi Semarang dan Alamnya yang Memukau!

oleh Aji Ervanto
Gunung Ungaran

Saat ditanya, tempat wisata apa yang terkenal di Pulau Jawa? Jawabannya pastilah Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah tempat wisata di Yogyakarta yang tidak hanya terkenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga di dunia. Selain candi, Pulau Jawa masih menyimpan segudang wisata lain, salah satunya adalah wisata alam.

Wisata alam kerap menjadi pilihan wisatawan yang menyukai petualangan dan tantangan. Entah itu menyusuri gua dan sungai, mendaki gunung, hingga bertualang di hutan. Ada pula wisata alam berupa pantai yang cocok untuk bersantai melepas lelah. Wisata alam seperti ini banyak sekali tersedia di Pulau Jawa, salah satunya di Semarang. Penasaran apa saja sih, wisata alam di Semarang? Simak daftarnya berikut.

Gumuk Reco

Gumuk Reco

Gumuk Reco atau yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “bukit arca” ini terletak di Banyubiru, berdekatan dengan Gunung Telomoyo dan Rawa Pening. Jika berkendara dari kota Semarang, jaraknya cukup jauh sekitar 55 km. Walaupun jauh, pemandangan di sana sangatlah indah karena tatanan tebing-tebing batu yang kokoh nan megah.

Selain pemandangan yang mengagumkan, di Gumuk Reco terdapat beberapa wahana seru. Salah satunya Ondo Langit yang akan membuat jantung Kamu berdebar karena berjalan di atas papan sisi tebing sepanjang 25 meter dengan tinggi jurang sedalam 45 meter. Seru dan menegangkan.

Gunung Ungaran

Gunung berapi dengan tipe Stratovolcano ini memiliki tinggi sekitar 2.050 mdpl. Walaupun gunung ini tidak pernah mengeluarkan aktivitas vulkaniknya, tetapi di sekitar sana terdapat sumber air panas yang berarti gunung ini masih aktif. Selain melakukan pendakian, para pengunjung juga dapat melihat Gua Jepang yang sangat gelap.

Kabarnya, gua ini menjadi gudang amunisi tentara Jepang ketika menjajah Indonesia. Di dalam sana tercium bau amis darah yang berasal dari romusha yang disiksa dan dibunuh oleh tentara Jepang. Karena gua yang tidak mendapat asupan sinar matahari, maka aroma amis masih tercium hingga kini.

Wana Wisata Penggaron

Tempat ini mungkin jarang terdengar karena masih belum banyak yang tahu. Padahal Wana Wisata Penggaron ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan segar. Terdapat pula lokasi pengamatan burung untuk menyaksikan lebih dari 90 spesies burung liar yang ada.

Selain itu, di Wana Wisata Penggaron ini juga terdapat banyak aktivitas menarik, seperti outbond, camping, jungle tracking, dan lainnya. Untuk mencapai lokasi ini, Kamu harus menempuh perjalanan dari Semarang sekitar 30 menit. Cukup dekat untuk melepas penat di kehidupan kota.

Rawa Pening

Rawa Pening Kala Senja

Ingin wisata alam yang santai dan tenang? Rawa Pening bisa jadi rekomendasi yang tepat. Rawa Pening adalah danau alami yang terletak di Ambarawa. Dengan luas mencapai 2.670 hektar, Rawa Pening menempati sekitar 4 kecamatan yang ada di Semarang, yakni Banyubiru, Ambarawa, Bawen, dan Tuntang.

Di sana Kamu akan menemukan danau dengan tanaman eceng gondok yang tersebar sepanjang danau. Walau begitu, keindahan Rawa Pening tetap terlihat. Bahkan Kamu dapat menikmati indahnya Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu dari Rawa Pening.

Mungkin kamu suka

1 komentar

Ursula Meta Rosarini 5 Juli 2022 - 15:13

Olah ini mas suaminya Ella ya, baru ngeh hihihi

Aku beberpa kali ke Semarang tp cuma kesitu2 aja, di koata kalau nggak ya ke ambarawa, disana ada Gua Maria yg terkenal soalnya. Rawa pening udah masuk list kalau misal ke Semarang lagi harus kesana.

Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: