Search
Close this search box.

Hendak Liburan ke Jakarta, Apa Destinasi yang Wajib Dikunjungi?

Jakarta sebagai kota metropolitan tidak pernah gagal dalam memberikan hiburan kepada pengunjung yang datang. Ada banyak destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Jakarta. Soal transportasi pun tidak perlu khawatir. Kamu bisa pesan tiket kereta dari Malang ke Jakarta atau dari kota lain untuk menjangkau Jakarta.

Supaya tidak bingung, Kamu perlu tahu dulu nih tempat wisata apa saja yang ada di Jakarta. Setelah itu, barulah tentukan destinasi yang paling ingin dikunjungi. Jika perlu, Kamu pun bisa membuat itinerary perjalanan supaya mobilitas lebih gampang. Yuk, cek di bawah ini tempat wisata Jakarta yang asyik untuk didatangi.

Jakarta Aquarium Safari

Ajaklah anak-anak untuk melihat langsung lebih dari 3.500 jenis spesies hewan akuatik maupun non-akuatik. Berada di lahan seluas satu hektar, aquarium indoor ini memiliki daya tarik yang tidak perlu diragukan lagi.

Hewan air yang bisa kamu lihat antara lain naga laut, kerapu raksasa, penguin humboldt, dan sebagainya. Bukan hanya melihat, kamu juga bisa menyentuh dan berinteraksi langsung. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB.

Arcanum Hobbies

Bukan tempat wisata biasa, Arcanum Hobbies adalah tempat yang cocok bagi kamu yang suka bermain board game. Awalnya tempat ini dibangun sebagai tempat berkumpul komunitas di sebuah garasi pada 2005 silam.

Selanjutnya, Arcanum Hobbies berkembang dari sisi bisnis. Selain menjadi tempat bermain, para pengunjung juga dapat berbelanja mainan board game di sini. Kamu juga dipersilakan jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan rutin yang diadakan komunitas. Asyik, bukan?

Monumen Nasional (Monas)

Sebagai ikon Kota Jakarta, siapa yang tidak mengenal Monas. Bangunan yang ditandai dengan tugu setinggi 137 meter ini mulai dibangun pada 17 Agustus 1961. Tugu Monas berada tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka.

Para pengunjung diperbolehkan naik ke pelataran puncak setinggi 115 meter dari permukaan tanah dengan naik lift. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi museum yang terletak di dasar monumen, sekitar 3 meter di bawah permukaan tanah.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Jangan sampai melewatkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat berlibur ke Jakarta, ya. Tempat ini cocok banget bagi kamu yang ingin menikmati waktu santai seharian bersama keluarga.

Apa saja yang bisa dilihat? Mulai dari anjungan yang mewakili daerah-daerah di Indonesia, beberapa museum seperti museum perangko, taman unik seperti taman kaktus, taman melati, taman anggrek, dan masih banyak lagi.

Taman Impian Jaya Ancol (TIJA)

Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu destinasi wisata di Jakarta yang selalu ramai oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan. Kawasan ini terdiri atas beberapa objek wisata, seperti Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis, Pantai Marina, Sea World, Ocean Dream Samudera, dan sebagainya.

Berkunjung ke Ancol sebaiknya jangan hanya sebentar. Apalagi karena kamu harus membayar tiket masuk yang tidak murah. Idealnya, kamu bisa menghabiskan waktu seharian di kawasan wisata ini supaya puas.

Museum MACAN

Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) adalah tempat wisata seru di Jakarta. Di dalam museum yang dibangun pada 4 November 2017 ini, kamu bisa menikmati berbagai karya seni modern dan kontemporer, baik dari seniman Indonesia maupun dunia.

Sebenarnya, pendirian museum ini memiliki tujuan yang mulia, yaitu untuk mengedukasi masyarakat tentang karya seni. Nah, bagi kamu yang merupakan pecinta seni, rugi banget jika sampai tidak berkunjung. Berbeda dengan museum pada umumnya, suasana di Museum MACAN sangat modern, bahkan instagramable.

Kota Tua Jakarta

Satu lagi tempat yang wajib didatangi adalah Kota Tua Jakarta. Nah, tempat yang satu ini cocok bagi kamu pecinta sejarah. Merupakan area seluas 1,3 km persegi, Kota Tua terdiri atas sejumlah bangunan dengan arsitektur yang megah. Beberapa di antaranya Museum Bank Indonesia, Gedung Arsip Nasional, Cafe Batavia, dan sebagainya.

Suasana di tempat ini pada sore hari juga sangat eksotis dan asyik sebagai tempat hangout. Kamu bisa bersantai sambil bersepeda menyusuri jalanan kota dengan nuansa zaman dahulu. Jangan lupa, persiapkan kamera untuk merekam momen terbaik.

Berkunjung ke Jakarta bagi sebagian orang mungkin terasa mainstream. Namun, dengan memilih destinasi yang tepat, kamu tidak akan rugi saat berlibur ke daerah ibu kota. Nah, apakah kamu sudah siap untuk menjelajahi Kota Jakarta? Yuk, wujudkan segera!

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments