Search
Close this search box.

5 Cara Mengasah Otak dan Skill

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa pisau yang jarang digunakan akan berkarat dan tumpul. Sama halnya dengan otak jika jarang diasah makan akan tumpul pula. Kamu bisa mengasah otak dengan berbagai cara. Misal latihan otak atau hal sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah. Berikut 5 cara mengasah otak dan skill yang dapat kamu coba.

5 Cara Mengasah Otak dan Skill dengan Mudah

Belajar Hal Baru

Salah satu hal yang paling mudah Kamu lakukan sebagai cara mengasah otak dan skill yaitu belajar hal baru. Meskipun mudah, hal ini membutuhkan komitmen agar hasilnya maksimal. Mempelajari hal baru bisa juga mengatasi kebosanan dari rutinitas sehari-hari.

Kamu dapat memulai belajar dari apa yang kamu minati. Misal belajar memainkan instrumen musik, bernyanyi, belajar fotografi, memasak, atau pun yang berkaitan dengan hobi kamu.

Cukup menyenangkan bukan? Selain memperoleh pengalaman baru dan mengasah otak, Kamu juga dapat mengatasi stress dan kebosanan.

Rawat Tubuh untuk Menjaga Pikiran Tetap Sehat

Wah apakah ada hubungan antara tubuh sehat dengan pikiran yang sehat ya? Apakah dengan menjaga tubuh dapat membantu dalam mengasah otak dan skill? Jangan salah loh merawat tubuh juga termasuk dalam 5 cara mengasah otak dan skill.

Jika Kamu ingin menjaga pikiran tetap sehat, awali dengan tubuh yang sehat pula. Penelitian pada tahun 2006 menunjukkan bahwa berolahraga dapat membuat Kamu lebih pintar dan melindungi otak dari penyusutan seiring bertambahnya usia.

Jadi untuk menunjang pikiran yang sehat dan asah otak, perlu memulai dengan hidup sehat dan menjaga tubuh setiap hari. Kamu bisa mengawalinya dengan makanan sehat bergizi, olahraga ringan dan hidup sehat tanpa rokok ataupun alkohol.

Bersosial dengan Lingkungan

Bersosial adalah salah satu dari 5 cara mengasah otak dan skill yang mudah dilakukan oleh siapapun. Setiap orang pasti membutuhkan orang lain bukan? Dari situlah muncul kegiatan bersosial antar individu. Nah lantas apa saja manfaat bersosial dalam meningkatkan kecerdasan pikiran?

Sebuah studi pada tahun 2019 menunjukkan bahwa orang yang secara aktif melakukan kegiatan sosial memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit demensia (penyakit menurunnya memori dan kemampuan menilai) dan penyakit Alzheimer (menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan bicara)

Wah ternyata bersosial juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan pikiran ya. Meskipun tidak secara langsung meningkatkan skill dan melatih otak, namun hal ini dapat menjadi pondasi yang kuat sebagai Cara mengasah otak dan skill.

Melatih Otak dengan Bermeditasi

Berikutnya hal yang dapat kamu coba untuk melatih otak adalah dengan bermeditasi. Meditasi telah lama diterapkan ribuan tahun lalu, namun memiliki tingkat efektivitas yang tinggi.

Penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa meditasi dapat membantu meningkatkan fokus, empati, meningkatkan kapasitas memori, bahkan meningkatkan imun tubuh loh. Wah keren ya? Dengan cukup bermeditasi kita dapat memperoleh segudang manfaat nih.

Mindfulness Meditation

Tunggu apa lagi? Kamu dapat dengan mudah melakukannya di rumah hanya bermodal tutorial di youtube atau lewat beragam aplikasi yang ada di App Store maupun Play Store.

Cara Mengasah Otak dan Skill dengan Bermain Game

Kamu suka main game? Hayo game apa saja yang biasanya Kamu mainkan? Belakangan ini banyak sekali game di internet yang dapat kamu mainkan gratis. Kamu tinggal pilih saja mana yang Kamu suka. Nah ada loh game yang dapat meningkatkan skill dan mengasah otak.

Penelitian pada tahun 2015 tentang beberapa aktivitas yang menstimulasi orang dewasa menemukan bahwa bermain permainan kartu dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir. Beberapa jenis permainan yang dapat Kamu mainkan antara lain seperti Hearts, Crazy Eight, Solitaire dan lainnya.

Gimana, ada yang pernah bermain jenis permainan tersebut? Bagi yang ingin mencobanya namun tidak punya kartu atau tidak tahu cara memainkannya, Kamu bisa mengunjungi situs solitaire.org. Terdapat banyak macam permainan kartu dan permainan ketangkasan otak yang dapat kamu coba.

game solitaire salah satu dari 5 cara mengasah otak dan skill
Permainan Spider Solitaire di solitaire.org

Salah satu cara mengasah otak dan skill yang bisa Kamu coba seperti permainan kartu favoritku sejak masih kecil yaitu Spider Solitaire. Permainan ini cukup mudah. Kamu tinggal menyusun kartu sesuai jenisnya dengan urutan yang benar. Game sangat melatih fokus dan mengasah otak namun tetap ringan dan menyenangkan.

game solitaire salah satu dari 5 cara mengasah otak dan skill
Beragam Jenis Permainan Solitaire di solitaire.org

Terdapat banyak jenis permainan solitaire dan kartu yang bisa kamu coba. Pastinya nggak bakal bikin kamu bosan deh. Oh iya bagi kamu yang tidak ingin main kartu melulu, di solitaire.org juga menyediakan beberapa game asah otak lain lho. Seperti permainan puzzle, permainan kata, hidden object dan lain sebagainya.

Permainan Mahjong 3D
Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments