Search
Close this search box.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia: Kiat Sukses Perusahaan

Sebuah bisnis yang baik, tentu berawal dari manajemen yang baik. Mulai dari manajemen keuangan, manajemen karyawan ataupun manajemen stok barang (manajemen inventory). Biasanya manajemen stok ini sering dianggap sepele dan terbilang sederhana atau manual. Sehingga menimbulkan beberapa masalah krusial ke depannya. Nah untungnya pada kesempatan ini, aku akan menginfokan sebuah sistem ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia yang akan membantu bisnis semakin sukses.

Sistem Manajemen Inventory memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Sistem ini dapat membantu pengelolaan persediaan dan pencatatan barang dengan mudah. Terintegrasi dengan sistem penjualan dan sistem pembelian secara otomatis, tentu akan sangat membantu bisnis semakin berkembang. Perusahaan yang semakin berkembang dan besar dengan kebutuhan yang semakin kompleks, akan sangat membutuhkan Software Sistem ERP dalam pengelolaan manajemen inventory. Lantas apa itu manajemen inventory? dan apa itu Sistem ERP?

Apa itu Manajemen Inventory?

Manajemen inventory yaitu kegiatan pengelolaan barang (stok) dalam sebuah perusahaan. Pengelolaan ini dapat mencakup pengelolaan barang bahan baku (raw), barang hasil jadi (produk), aset, dan pengelolaan keluar-masuk barang.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia
Gambaran Manajemen Inventory (source: Tech Target)

Sedangkan Sistem Manajemen Inventory merupakan sebuah kombinasi teknologi antara perangkat keras dan perangkat lunak (Software Sistem ERP) yang berfungsi untuk mengontrol, mengawasi dan mengelola barang oleh suatu perusahaan secara terintegrasi.

Di era modern ini, sebuah sistem manajemen inventory biasanya telah terintegrasi ke beberapa sistem lain seperti sistem penjualan, sistem akuntansi, dan sistem lain yang telah dikombinasikan ke dalam sebuah Sistem cloud ERP. Seperti sistem ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia ini contohnya. Nah setelah mengetahui tentang apa itu manajemen inventory, lantas apa keuntungan penggunaan sistem ini di sebuah perushaan? Yuk cek di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Penggunaan sistem manajemen inventory tentunya akan memberikan dampak positif pada perusahaan. Nah berikut keuntungan-keuntungannya:

Manajemen Stok Barang Terpusat dan Terkontrol dengan Baik

Sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak stok barang di beberapa lokasi (gudang) berbeda, tentu akan sangat kesulitan melacak dan mengontrol ketersediaan barang jika masih menggunakan metode tradisional. Dengan sistem manajemen inventory, barang akan mudah terintegrasi dengan database pusat dan menyinkronkannya.

Stok kontrol juga menjadi sangat mudah ketika perusahaan harus selalu mengawasi ketersediaan barang dan memastikannya untuk selalu tercukupi. Sistem secara otomatis akan memberikan notifikasi ketika persediaan menipis atau kurang dari batasnya.

Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas dalam Sebuah Perusahaan

Dengan manajemen stok yang lebih simpel dan modern seperti software ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia, laporan inventaris bulanan dan tahunan pun dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Kinerja menjadi lebih efisien tanpa membuang banyak waktu. Sehingga karyawan bisa lebih fokus pada produktivitas tanpa terbebani masalah inventaris yang kompleks.

Meningkatkan Perencanaan yang Lebih Optimal

Perencanaan yang matang tentu akan membuat bisnis semakin berkembang. Nah dengan menggunakan sistem manajemen inventory yang baik, suatu perusahaan dapat melakukan perencanaan yang matang melalui pelaporan yang akurat dari laporan inventaris. Perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dari data-data yang ada. Misal mana produk yang paling laku, mana produk yang kurang populer, seberapa banyak ketersediaan barang yang dibutuhkan di waktu mendatang dan lain-lain.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia dapat Menghemat Biaya

Sistem manajemen yang baik dan serba otomatis mengurangi resiko human error. Seperti kelebihan stok, kekurangan stok yang berbuntut kerugian atau hal lain yang dapat merugikan perusahaan. Penggunaan sistem otomatis seperti Software ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia juga bisa menghemat biaya. Tidak perlu lagi mengeluarkan gaji untuk menyewa karyawan profesional tambahan untuk menangani inventaris. Software ini dapat menjadi Solusi Cloud ERP yang membantu otomasi setiap kegiatan inventaris.

Meningkatkan Profit dan Kemajuan Bisnis

Nah poin ini merupakan target akhir dari poin-poin di atas. Ketika penerapan dan proses manajemen dalam perusahaan baik dan terkontrol, maka bisnis akan berkembang. Ketika bisnis berkembang, profit pun bisa meningkat.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Setelah kita membahas keuntungan sistem manajemen inventory bagi sebuah perusahaan, nah tiba waktunya nih untuk berkenalan dengan software ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia.

Apa itu Sistem ERP?

Ilustrasi Penggunaan Sistem ERP

Sistem ERP (Enterprise Source planning) merupakan sebuah software yang berguna untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam bisnis. Mulai dari keuangan, inventaris, penggajian, manajemen SDM dan lain-lain.

Sistem ini dapat menampilkan data secara realtime dan akurat. Sehingga memudahkan pelaku bisnis untuk mengelola perusahaannya dan mengambil keputusan tepat berdasar data yang diperoleh secara realtime.

Alasan Mengapa Memilih ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Berpengalaman dan Telah Teruji

Sejak 27 tahun, lebih dari 1600 pelanggan telah mempercayakan bisnis mereka pada Sistem ERP SystemEver. Tersebar di berbagai negara seperti Korea, Jepang, Cina, Vietnam dan Indonesia.

Akses di Manapun dan Kapanpun Berkat Cloud ERP Indonesia

Akses di manapun berkat teknologi Cloud

Software ini dapat diakses dengan mudah melalui internet. Pelaku bisnis bisa menggunakan media komputer, laptop bahkan smartphone di manapun dan kapan pun tanpa harus pergi ke kantor.

User Interface yang Mudah dan Layanan Consultan-K

Tampilan interface Visual-K

SystemEver memiliki user interface yang mudah dipahami. Bahkan dapat digunakan oleh orang yang non-expert sekalipun. Ada juga hadirnya layanan Consultan-K yang dapat membantu pelaku bisnis dalam hal konfigurasi software atau pun konsultasi permasalahan sistem.

Consultant-K

Tersedia Beragam Produk Sesuai Kebutuhan

Hadir dengan beragam seri, memudahkan pengguna untuk memilih kebutuhan yang tepat. Antara lain unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 & i7). Nah penjelasan untuk masing-masih produk bisa dilihat di bawah ini:

Produk Software ERP SystemEver

i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Sangat cocok untuk pelaku bisnis pemula yang hanya membutuhkan sistem manajemen akuntansi. Penggunaan dan user interface yang mudah, menjadikan tipe ini cocok bagi perusahaan yang ingin memulai menggunakan sistem ERP.

i2 (HR / Manajemen Penggajian)

i2 memiliki fitur manajemen gaji, absensi, dan keuangan. Sangat cocok bagi perusahaan yang punya banyak karyawan dan sistem keuangan yang kompleks. Dengan menggunakan sistem ERP ini, pemantauan human resource dan penggajian jadi lebih mudah.

i3 (ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia)

Nah seri ini merupakan seri produk yang sangat cocok untuk Sistem Manajemen Inventory. i3 Series memiliki fungsi pengintegrasian antara inventory dengan pembelian dan penjual. Perusahaan dapat lebih mudah mengontrol dan memantau inventoris yang mereka miliki dan beberapa kelebihan lain yang telah dijelaskan di atas.

i5 (Penjualan dan Distribusi)

i5 ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia
i5 Sistem ERP Terintegrasi untuk Manajemen Penjualan dan Distribusi

Memiliki semua fitur i3 dan fitur tambahan yang terintegrasi dengan sistem akuntansi, impor, pembelian barang, export, dan gaji. Software ERP untuk perusahaan distribusi ini memungkinkan kinerja perusahaan yang lebih maksimal dengan fitur tambahan yang ada.

i7 (Manajemen Pabrik/Manufacturing Management)

Nah yang terakhir adalah seri produk untuk manajemen pabrik. Seluruh aktivitas dan kegiatan produksi dapat dipantau dengan mudah dan terintegrasi melalui sistem ini. Pun manajemen ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia

Nah sudah tau kan apa saja keuntungan penggunaan Sistem Manajemen Inventory dan contoh beberapa sistem ERP yang mendukung manajemen inventory?

Dengan adanya manajemen inventory, pelaku usah jadi lebih mudah mengontrol stok dan mendapatkan efisiensi lebih untuk hasil yang lebih maksimal. Sehingga ke depannya suatu bisnis dapat berkembang dan memperoleh profit besar.

Pemilihan sistem ERP yang cocok juga menjadi kunci utama supaya setiap kebutuhan terpenuhi dengan optimal. Misal sistem penjualan konsinyasi atau ERP untuk jasa dan lain-lain. Pun kualitas dan dukungan sebuah software juga menjadi nilai plus untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan mengatasi kendala yang terjadi.

Share Artikel:
0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments