Cara Mengatur Keuangan untuk Hidup Nyaman

oleh Aji Ervanto
Cara Mengatur Keuangan untuk Hidup Nyaman

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap kebutuhan yang kita inginkan sering berhubungan dengan uang. Karena itu lah uang menjadi pokok penting yang mana bisa mendatangkan kebahagiaan ataupun mendatangkan berbagai masalah. Maka dari itu, penting bagi kita mempelajari cara mengatur keuangan agar terhindar dari masalah tersebut.

Mengapa Mengatur Keuangan itu Penting?

Pernahkah kalian merasa kekurangan uang meski telah bekerja keras? Padahal uang bulanan sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sering terpikir dalam benak “Perasaan baru kemarin gajian, eh tinggal segini aja uangnya.” atau “Aku ingin begini, aku ingin begitu, ingin ini, ingin itu banyak sekali tapi uang tidak pernah cukup.” Hihihi you know what I mean.

Hal di atas sering terjadi pada diri kita karena kurangnya pemahaman tentang cara mengatur keuangan yang baik. Apa yang kita dapat (income) tidak sebanding dengan apa yang kita inginkan (expense) dan apa yang kita persiapkan untuk masa depan (saving). Sehingga menimbulkan banyak masalah finansial. Nah berikut beberapa tips yang bisa membantu permasalahan tersebut.

Beberapa Cara Mengatur Keuangan Sehari-hari

Cara Mengatur Keuangan dengan Manabung

Dalam teori ekonomi, kita semua tahu bahwa ketika pendapatan (income) meningkat, maka pengeluaran (expense) dan tabungan (saving) juga meningkat. Namun kebanyakan orang akan menghabiskan uangnya untuk pengeluaran sehari-hari dan sedikit menabung. Bahkan ada juga yang menghabiskan uangnya tanpa menabung sama sekali dengan dalih “Ah gakpapa bulan besok masih gajian, jadi gak usah khawatir uang bulan ini habis.”

Padahal menabung adalah salah satu cara mengatur keuangan yang baik dan sederhana. Dengan menabung kita bisa menekan pengeluaran dan membeli sesuatu yang tidak bisa dibeli dengan pendapatan bulanan. Menabung juga dapat membiasakan kita untuk hidup lebih hemat dan lebih teratur dalam mengatur pengeluaran.

Mengurangi Budaya Konsumtif

Kita boleh saja mengeluarkan uang untuk kebutuhan. Karena setiap orang memang tidak bisa lepas dari kebutuhan sehari-hari. Namun berperilaku hemat dengan menggunakan uang hanya sebatas apa yang kita butuhkan adalah cara mengatur keuangan yang bijak.

Tidak semua yang kita inginkan harus dibeli. Usahakan mengeluarkan uang hanya untuk sesuatu yang memang dibutuhkan atau tidak bisa ditunda. Dengan membiasakan hidup hemat, kita bisa lebih efisien dalam pengeluaran.

Sisihkan Uang untuk Dana Darurat

Menyisihkan uang untuk dana darurat adalah hal yang pintar. Kita tidak akan pernah tahu kebutuhan mendadak atau darurat di masa mendatang. Bisa saja kita menggunakan uang tabungan untuk biaya darurat, namun kita tidak bisa menjamin keadaan darurat akan datang tepat ketika tabungan masih ada atau telah terpakai.

Menyisihkan uang untuk dana darurat adalah salah satu cara mengatur keuangan yang banyak orang lupa atau menganggapnya hal sepele. Sehingga banyak orang yang tidak melakukannya. Jika hal tidak diinginkan terjadi, maka mau tidak mau harus cari dana tambahan misal meminjam ke kerabat atau bisa juga mengajukan pinjaman online.

Percayakan Kegiatan Finansial ke Fintech Kredibel

Nah selain tips di atas, cara mengatur keuangan yang lainnya yaitu kita juga harus mempunyai partner dalam kegiatan finansial. Hal ini sebagai langkah untuk mendukung keuanganmu jika hal di atas tidak memungkinkan atau tak terpenuhi.

Dalam memilih fintech, usahakan memilih yang kredibel terpercaya. Seperti Tunaiku yang merupakan fintech yang melayani Pinjaman Online Terpercaya. Sebagai informasi, Tunaiku merupakan produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia, Tbk yang merupakan anak perusahaan oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. Adapun Tunaiku terdaftar di OJK sejak tahun 2014. Jadi tidak perlu khawatir lagi ketika melakukan pinjaman online. Tidak mau kan menambah masalah dengan masalah keuangan karena pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar OJK?

Cara Mengatur Keuangan untuk Hidup Nyaman
Halaman Web Tunaiku

Tunaiku menyediakan pinjaman online dengan sangat mudah. Hanya dengan mengisi formulir pengajuan online dalam 10 menit, tanpa kartu kredit, dan pembayaran cicilan pun bisa melalui website atau aplikasi. Tunaiku menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah.

Sedangkan untuk area layanan Tunaiku tersebar di berbagai wilayah Jawa meliputi; Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya. Lalu ada juga di wilayah Sumatera meliputi; Medan, Palembang, dan Pekanbaru serta ada di wilayah Makassar dan Denpasar.

Nah itulah cara mengatur keuangan agar hidup lebih nyaman. Bagi kalian yang membutuhkan dana cepat atau dana darurat bisa mengajukan ke Tunaiku ya.

Mungkin kamu suka